Terumbu Karang Indonesia

Laut Indonesia Kaya Akan Terumbu Karang — Terumbu Karang Menjadi Salah Satu Kekayaan Laut Yang Dapat  Dinikmati Oleh Manusia. Terumbu karang adalah gunung kalsium karbonat yang berada di bawah laut. Gunung ini terdiri atas karang, pasir karang, dan batu pasir padat. Tidak lama setelah mulai terbentuk, terumbu menjadi pondasi atau dasar bagi komunitas kehidupan laut yang dinamis dan amat beragam.

Indahnya Terumbu Karang Indonesia

Pada dasarnya ada tiga jenis terumbu karang yang masing-masing terbentuk berdasarkan topografi struktur di bawahannya. Karang atol tumbuh sebagai koloni karang di puncak gunung berapi bawah laut yang muncul dari dasar laut. Selama beberapa waktu, tumpukan kerangka karang meluas ke arah luar, bukannya ke atas karena sebagian besar spesies hewan karang yang hidup harus terendam air. Bentuknya seperti kue yang mengikuti bentuk puncak gunung api. Karena itulah atol yang terbentuk biasanya memiliki laguna di tengahnya (kaldera gunung api). Bentuk karang yang seperti ini terutama banyak terdapat di Pasifik Selatan, terutama di Kepulauan Tahiti.

Terumbu karang tepi atau fringin reef yang melebar ke arah laut dari pantai, seringkali mengikuti bentuk luar pulau. Pinggiran terumbu karang banyak terdapat di sekitar pulau yang bentuknya hampir datar di kawasan Karabia. Dalam hal ini terumbu karang hanya tumbuh di tempat-tempat pecahnya ombak di pantai dalam keadaan tertentu, misalnya kedalaman, kekeruhan air, atau yang rendah kadar garamnya, yang menciptakan celah yang bisa ditutup oleh karang. Karang penghalang atau barrier reef terbentuk dari bentangan pantai yang dangkal yang tidak memiliki sungai atau faktor lain yang menghalangi pertumbuhan terumbu. Terumbu dan daratan di pisahkan oleh laguna dangkal, tetapi kadang cukup dalam sehingga dapat di lalui oleh kapal. Laguna antara Great Barrier Reef dan pesisir timur laut Australia lebarnya berkisar antara 16 dan 160 km, ini merupakan karang penghalang terbesar di bumi dan paling menakjubkan. Karang penghalang Karibia di lepas pantai Belize adalah karang penghalang terbesar ke dua yang keindahannya tidak kalah dengan karang penghalang di Australia.

Di Indonesia terumbu karang atol terdapat di Sulawesi Selatan, di kenal dengan nama atol Takabonerate di daerah Mentawai, Pangandaran, dan Parangtritis di pantai selatan pulau Jawa, di Lombok dan Sumbawa, di Nusa Tenggara Timur serta di utara dan barat Papua terdapat terumbu karang tepi (fringing reef). Sedangkan terumbu karang penghalang (barrier reef) dapat ditemukan di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, dan di beberapa tempat di Kalimantan Timur dan di Selat Makassar. Selain ketiga jenis terumbu karang tersebut, di Indonesia terdapat pula jenis terumbu gosong (patch reef), seperti terumbu karang di Kepulauan Seribu, di utara Pulau Jawa. Tahukah Anda bahwa terumbu karang di Indonesia merupakan terumbu karang yang cukup luas di dunia ? Di perkirakan luasnya mewakili 18% dari luas terumbu karang yang ada di dunia ini.

Luas ekosistem terumbu karang di Indonesia diperkirakan sekitar 85.707 km², meliputi 50.223 km² terumbu karang penghalang (barrier reef), 19.540 km² terumbu karang atol, 14.542 km² terumbu karang tepi (fringing reef), dan 1.402 km² oceanic platform reef. Maluku dan Sulawesi merupakan kawasan yang memiliki spesies karang yang paling banyak dan paling beragam di Indonesia bahkan di dunia. Semakin ke timur Indonesia atau barat Indonesia, jumlah dan keanekaragaman spesies karang semakin berkurang. Spesies yang banyak ditemukan di perairan Indonesia, meliputi Porites, Goniastrea, Acropora, Seriatopora, Pocillopora, Montipora, Echinopora, Favites, Favia, Turbinaria, dan Stylopora.



Writer : Alya Nur Fauziah
Rewriter by: Felly Mas Broh
Sumber Foto : hkti[dot]org/terumbu-karang-indonesia-tak-kenal-maka-tak-sayang[dot]html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu