Hutan Mangrove Di Indonesia

Ekosistem Pesisir — Hutan Mangrove. Mangrove adalah sejenis pepohonan yang tumbuh di daerah pasangan surut dan dapat bertahan terhadap luapan yang biasanya berasal dari air yang mengandung garam. Tanaman mangrove ini tumbuh membentuk hutan lebat sepanjang pantai yang memungkinkan untuk ditumbuhi. Tanaman mangrove bisa jadi terlihat tidak indah bagi yang tidak menyukainya, tetapi tanaman ini sangat menarik untuk dipelajari. Tentunya juga tidak percuma bila menyelam di hadapan jejeran tanaman mangrove, tentunya saat air pasang. Seperti menyelam dalam lumpur, biasanya mendatangkan ilmu tentang kekayaan hidup ikan yang pastinya aneh dan unik.

Hutan Mangrove

Negara kita, Indonesia memiliki lahan hutan mangrove yang paling luas di dunia. Diperkirakan luas lahan hutan itu 42.000 km². Walaupun demikian, pembangunan daerah pantai telah menyebabkan bencana terhadap hutan mangrove di Indonesia, yang mungkin sudah hilang sekitar 50%. Bahkan pulau Jawa diperkirakan telah hilang 90% hutan mangrovenya. Lebih dari setengah hutan mangrove yang tersisa ditemukan di pedalaman Irian Jaya. Daerah penting lainnya dimana terdapat hutan mangrove yaitu di pantai sebelah timur Sumatera, Kalimantan, dan sebelah selatan Sulawesi. Hilangnya hutan mangrove dapat di mengakibatkan hal yang serius terhadap pertahanan pantai. Hal itu juga nemusnahkan sumber alam yang berupa kayu bakar dan pepohonan kayu yang bisa dimanfaatkan untuk bangunan. Bahkan yang lebih penting lagi, hal itu bisa berakibat matinya perikanan laut di dekat hutan mangrove itu, sebab hutan mangrove adalah lahan yang sangat penting untuk tumbuhnya berbagai jenis ikan yang laku di perdagangkan.

Tahukah Anda ? Indonesia merupakan wilayah yang memiliki habitat mangrove terluas di dunia. Kurang lebih 25% dari luas mangrove di dunia, terdapat di Indonesia. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia untuk menjaga dan melestarikan habitat hutan mangrove yang luas tersebut. Daerah penyebaran mangrove di Indonesia umumnya terdapat di pantai timur Sumatera, muara sungai di Kalimantan, pantai selatan dan tenggara Sulawesi, pulau-pulau di Maluku serta pantai utara dan selatan Iran Jaya. Pada tahun 1996, luas hutan bakau di Indonesia diperkirakan sekitar 3,5 juta hektar. Hutan mangrove terluas terdapat di Irian Jaya, yaitu lebih kurang 1.350.600 hektar (38%), Kalimantan 978.200 hektar (28%), dan Sumatera 673.300 hektar (19%).

Ekosistem hutan mangrove di Indonesia memiliki tingkat keanekaragaman jenis yang tertinggi di dunia. Di Indonesia, tercatat ada 202 jenis tumbuhan mangrove yang terdiri dari 89 jenis pohon, 5 jenis palem, 19 jenis tumbuhan memanjat (liana), 44 jenis herba tanah, 44 jenis epifit, dan 1 jenis tumbuhan paku, Dari 202 jenis tersebut, hanya 43 jenis yang merupakan mangrove sejati (true mangrove). Beberapa jenis pohon mangrove yang banyak dijumpai di pesisir Indonesia adalah bakau (Rhizophora sp.), api-api (Avicennia sp.), pedada (Sonneratia sp.), tanjang (Bruguiera sp.), nyirih (Xylocarpus sp.), tengar (Ceriops sp.), dan buta-buta (Exoecaria sp.)

Writer : Alya Nur Fauziah
Rewriter by : Felly Mas Broh
Sumber Foto : tgc[dot]lk[dot]ipb[dot]ac[dot]id/2015/05/18/sistem-dekomposisi-serasah-hutan-mangrove/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu