Belajar Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly

Belajar Blogspot—Cara Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly. Saat ini setiap blog atau website harus didukung perangkat mobile atau mobile friendly, jika tidak maka tentu akan mempengaruhi rangking halaman di hasil pencarian google menjadi semakin tidak baik.

Belajar Blogger
Cara Membuat Blog Mobile Friendly 


Blog yang mobile friendly akan lebih SEO dan mesin pencari akan lebih memprioritaskan blog yang didukung dengan perangkat mobile atau mobile friendly untuk menduduki posisi terbaik di hasil pencarian (SERP), jika kebetulan blog yang kalian miliki belum mobile friendly sampai saat ini, maka disarankan untuk segera memodifikasi atau mengaktifkan template versi mobile pada blog kalian.


Google meluncurkan algoritma terbaru mobile geddon dikarenakan banyaknya pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile untuk akses internet, berdasarkan data statistik mereka bahwa sampai saat ini penggunaan perangkat mobile sudah hampir mendominasi perangkat personal  computer atau PC, sehingga untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik maka google mengeluarkan algoritma mobile geddon, dengan cara ini, sebenarnya secara tidak langsung memaksa setiap webmaster atau pemilik situs web  atau blog agar menyajikan situs atau blog miliknya bisa tampil menjadi bagus di layar handphone atau perangkat mobile lainnya, sehingga situs tersebut bisa lebih menarik, lebih bagus dan keren serta nyaman jika diakses menggunakan perangkat mobile.

Bagaimana cara mengetahui apakah blog kalian sudah mobile friendly atau belum ?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah laman web blog yang kalian miliki sudah mobile friendly atau belum, salah satu cara yang cukup efektif untuk mengetahui template blog yang kalian gunakan sudah didukung versi mobile atau mobile friendly atau belum kalian bisa  menggunakan tool gratisan yang sudah disediakan oleh google  yang dibuat khusus untuk mengecek situs mobile friendly, dengan memasukan alamat url di blog kalian, maka kalian bisa mengetahui mengenai apakah situs kalian sudah didukung versi mobile atau belum. jika diketahui bahwa blog kalian belum didukung mobile friendly maka kalian harus segera memperbaikinya. ini untuk uji coba blog kalian.

Ciri-ciri template blog mobile friendly

Berikut adalah beberapa ciri-ciri template blog kalian sudah mobile friendly :
  • Blog yang sudah mobile friendly akan diberi label Mobile Friendly di hasil pencarian google yang yang menggunakan perangkat mobile. Untuk saat ini jika kalian kebetulan menggunakan perangkat mobile seperti misalnya smart phone, tab atau perangkat mobile lainnya untuk melakukan pencarian google, maka jika kalian menemukan label mobile friendly dihasil pencarian, berarti itu menandakan jika situs atau blog tersebut sudah didukung perangkat mobile dan sudah memenuhi algoritma mobile geddon. dan tidak mobile friendly jika sebaliknya.
  • Tampilan blog atau situs yang didukung mobile friendly akan bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat smart phone yang digunakan, sehingga kalian tidak perlu scroll secara horizontal kekiri dan kekanan.
  • Ukuran text bisa dibaca tanpa harus memperbesar halaman, kemudian ukuran gambar dan menu dapat menyesuaikan dengan lebar layar dari perangkat yang digunakan.
  • Jika di cek menggukanan tool google mobile friendly, didapat informasi "Bahwa blog yang kalian gunakan support mobile friendly"

Bagaimanakah cara membuat template blog kalian  agar mobile friendly dan SEO ?

Bagaimana cara yang kalian lakukan untuk mengetahui template blog kalian apakah mobile friendly atau belum, dan kemudian kalian mendapatkan informasi bahwa template  blog yang kalian gunakan kebetulan tidak mobile friendly maka cara berikut bisa kalian lakukan untuk membuat agar template blog kalian mobile friendly dan lebih seo, caranya sebagai berikut :

Cara Pertama. Dengan Mengaktifkan laman versi seluler yang disediakan oleh blogger. Cara ini merupakan cara termudah membuat blog menjadi mobile friendly, caranya yaitu adalah dengan mengaktifkan fasilitas laman seluler default yang sudah disediakan oleh blogger itu sendiri, cara ini sangat cocok untuk kalian yang menggunakan template blog yang tidak responsive, dengan cara ini kalian tidak perlu repot-repot harus memodifikasi template blog kalian menjadi responsive, cukup dengan mengaktifkan versi seluler bawaan blogger maka template blog kalian akan menjadi mobile friendly, untuk mengkatifkan template blog mobile friendly bawaan blogger langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan kalian masuk ke akun blogger kalian.
  • Pilih blog kalian, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau template.
  • Pada tampilan template silahkan kalian klik tombol bergambar roda gigi yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler.
  • Lalu silahkan kalian pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler", kemudian pada pilihan Template seluler, kalian bisa memilih template yang tersedia, awas jangan memilih Khusus karena pilihan itu hanya untuk template yang sudah responsive, jika sudah jangan lupa tekan tombol "Simpan".

Sampai tahap diatas berarti kalian sudah berhasil mengaktifkan template seluler bawaan blogger untuk blog kalian, dengan cara ini sekali lagi kalian tidak perlu memiliki template blog responsive, karena semuanya sudah diataur oleh blog itu sendiri.

Cara Kedua. Dengan menggunakan template blog responsive. Sebelumnya mungkin kalian  pernah mendengar atau bahkan sudah mengenal mengenai template blog responsive, Ya template blog responsive adalah template blog dimana tampilannya bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang menggunakannya, template blog responsive merupakan template blog seo friendly, namun tetap ketika kalian menggunakan template blog responsive maka kalian harus mengaktifkan template blog tersebut agar bisa diakses dan aktif ketika blog di akses menggunakan perangkat mobile, untuk mengaktifkan template blog responsive pada blog kalian langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan kalian masuk ke akun blogger kalian.
  • Pilih blog kalian, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau template.
  • Pada tampilan template silahkan kalian klik tombol bergambar roda gigi yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler.
  • Setelah itu silahkan kalian pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler", kemudian pada pilihan Template seluler,  silahkan kalian pilih khusus kemudian simpan.

Sampai tahap diatas berarti kalian sudah berhasil mengaktifkan template blog responsive pada blog kalian. Untuk cara ini ada beberapa blogger yang menyarankan untuk memilih "Tidak, tampilkan template seluler pada perangkat seluler", jika kalian memilih cara tersebut saya kira kurang efektif karena akan menyebabkan perintah-perintah yang berkaitan dengan kode template untuk seluler pada blog yang kalian gunakan yang mungkin diperlukan untuk kemudian hari akan menjadi tidak aktif.

Oleh karena itu maka pilihlah pilihan "Ya tampilkan template blog seluler pada perangkat seluler" kemudian pada pilihan "Pilih template seluler" silahkan kalian pilih "Khusus", dengan cara ini template blog responsive yang kalian gunakan akan semakin dinamis, artinya template blog kalian akan mengenal perintah-perintah kode template untuk seluler sehingga akan lebih mudah untuk memodifikasinya.

Demikian artikel sederhana tentang Belajar Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly dan lebih SEO, dengan cara tersebut akan membuat blog kalian yang tadinya tidak mobile friendly akan menjadi mobile friendly  sehingga akan tampil bagus di layar ponsel dan selain tampilan blog kalian semakin menarik, bagus dan keren, juga akan semakin SEO.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu