Cara Membuat Blog Gratis Khusus Pemula

Belajar Blogspot—Langkah Pertama Membuat Blog. Sebelum memulai pembahasan, ada baiknya Idea Mas Broh memberikan penjelasan singkat tentang apa itu blogger atau blog ?

Belajar Blogger
Belajar Membuat Blog Bagi Para Pemula 


Blog adalah versi lain dari web, sifatnya lebih personal akan tetapi tidak terbatas oleh ruang lingkup tertentu. Dalam artian blog itu bisa membahas apa saja, bersifat fleksibel dan menjadi tempat non formal untuk berbagi informasi. Membuat blog juga tidak mahal, alias gratis hanya perlu paket data atau jaringan wifi untuk pembuatannya.

Bagi kalian yang ingin membuat blog gratisan dari Blogger[dot]com, berikut ini Idea Mas Broh akan share tentang cara membuatnya.


  • Langkah pertama silahkan kalian buka halaman web blogger[dot]com, Dan nantinya kalian akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di link ini. Lihat gambar.
  • Jika kalian sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih dahulu.
  • Lalu isi data dan informasi yang diminta dan setelah itu klik tombol Next Step, lakukan konfirmasi sesuai yang diminta, verifikasi biasanya meminta nomor ponsel kalian, ikuti saja langkah-langkahnya hingga selesai. Lihat gambar.
  • Selanjutnya kembali ke blogger[dot]com dan login dengan akun yang baru saja kalian buat.
  • Saat berhasil masuk ke blogger[dot]com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah memasuki tahap pembuatan blog. Lihat gambar.
  • Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin kalian buat, kemudian masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih template yang tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog Baru. Lihat gambar.
  • Selesai. Blog kalian sudah berhasil dibuat, klik judul blog kalian untuk mengakses dashboard secara terpisah. Lihat gambar.
  • Sekarang blog baru kalian perlu sebuah artikel, bisa apa saja, mungkin satu dua patah kata untuk menyambut pengunjung yang datang ke blog pertama kalian. Caranya klik tombol Entri baru. Lihat gambar.
  • Di halaman ini kalian bisa mengisi blog dengan konten apapun selama dalam aturan yang sudah ditentukan. Pernah membuat pesan email atau Facebook, hampir sama tetapi di Blogger[dot]com konten kalian akan terbuka dan dapat dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia, jadi pastikan konten atau artikel yang kalian tulis bermanfaat bagi pengunjung.
  • Buat artikel yang menarik, kalian juga bisa menambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup. Coba perhatikan sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin kalian dapat memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Jadi, silahkan menjejalah dengan menghabiskan waktu beberapa lama di dashboard blog kalian agar lebih cepat paham. Lihat gambar.
  • Jika sudah selesai klik tombol Publikasikan dan kalian akan dihantarkan ke halaman daftar konten.

Belajar Blogger belum sampai di postingan ini, masih banyak tool dan opsi yang belum kita bahas. tunggu artikel selanjutnya hanya di Idea Mas Broh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu