Cara Merawat Kesehatan Hidung

Sekilas Info Sehat - Cara Merawat Kesehatan Hidung. Menjaga kesehatan organ hidung merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan, supaya bebas dari penyakit. Banyak penyakit yang bisa mengancam organ pernafasan dan juga penciuman ini.

Cara Merawat Kesehatan Hidung


Untuk Anda ketahui bahwa hidung termasuk organ yang sangat penting yang wajib dijaga, selain organ penglihatan , dan juga organ pendengaran. Jika Anda mengalami hidung yang bermasalah, tentu aktivitas Anda sehari-hari juga akan terganggu.

Hidung yang dibiarkan tanpa diberikan perawatan dan pemeliharaan yang baik akan sering bermasalah. Masalahnya bisa berupa serangan bakteri dan kuman penyakit, di mana bakteri dan kuman penyakit itu sangat banyak di lingkungan sekitar.

Apabila kotoran dan lendir tidak dibersihkan dalam waktu lama juga bisa menimbulkan masalah. Masalah tersebut berupa penyumbatan pada rongga hidung Anda, dan itu juga akan memiliki efek berantai.

Efek berantai kepada organ tubuh lainnya, contohnya saja telinga juga tenggorokan. Itu tentu sangat beralasan, karena antara telinga, tenggorokan, dan juga hidung itu saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu posisinya juga berdekatan.

Berikut ini adalah Cara untuk Merawat Kesehatan Hidung :

  • Rajin membersihkan rongga hidung Anda. Jadi tak hanya telinga saja yang wajib dibersihkan, begitu pula dengan hidung Anda. Apabila Anda tak rutin membersihkan hidung, maka kotoran pun akan semakin menumpuk. Jika terlalu lama dibiarkan menumpuk maka fungsi organ hidung Anda juga akan terganggu. Untuk menghindari terjadinya luka karena goresan pada bagian dalam rongga hidung, Anda sebaiknya
  • Menghindari membersihkan menggunakan tangan. Apalagi menggunakan tangan dengan kuku jari yang panjang. Kotoran yang menempel di jari tangan juga bisa berpindah dengan mudahnya apabila Anda membersihkan hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Cara yang terbaik dengan menggunakan kain tipis yang sudah dibasahi dengan air.
  • Alternatif lain adalah menggunakan sarung tangan. Yang terpenting jari Anda jangan bersentuhan langsung dengan organ hidung bagian dalam.
  • Hindari terkena debu dan polusi. Karena debu dan polusi tak baik bagi paru-paru Anda. Caranya mudah sekali, jika Anda menggunakan sepeda motor, sebaiknya Anda mengenakan tutup wajah. Tutup wajah ini dapat membantu menghisap debu dan asap polusi kendaraan, paling tidak meminimalisirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu