Penjelasan Tentang Manusia

Buku - Penjelasan Tentang Manusia. Adinegoro dalam bukunya "Ensiklopedi Umum Dalam Bahasa Indonesia" mengatakan : manusia adalah alam kecil sebagian dari alam besar yang ada di atas bumi. Sebagian dari makhluk yang bernyawa, sebagian dari bangsa Anthromorphen, binatang yang menyusui, akan tetapi makhluk yang mengetahui ke "alamnya", yang mengetahui dan dapat menguasai kekuatan- kekuatan alam, di luar dan di dalam dirinya (lahir dan batin)

Penjelasan Tentang Manusia
Pengertian Mengenai Manusia Menurut Para Ahli 


Dan menurut pendapat para ahli Tentang Manusia yaitu sebagai berikut :
  1. Homo Sapiens kata linnaeus, artinya makhluk yang mempunyai akal budi dan ahli agama kristen menyebut dia " Animal Rationale" yaitu binatang yang berpikir.
  2. Homo Loquen, kata Revesz dalam Das Problem des Urs prungs der sprache, yaitu makhluk yang pandai menciptakan bahasa dan menjelmakan fikiran serta perasaan ke dalam kata - kata yang tersusun.
  3. Homo Faber, menurut kata Bergson dalam "L" evolusion Creatice" yaitu makhluk yang "tukang" , dia pandai membuat alat perkakas. "Toolmaking animal" kata frenklin.
  4. Homo Politicon kata Aristoteles dan lagi katanya "Animal Ridens" makhluk yang ada humor, yang "bisa ketawa" Manusia tidak sekuat lembu, kerbau, unta dan gajah, tidak sekuat lokomotif, traktor, bulldozer, dan kapal apa atau kapal terbang, akan tetapi manusia bekerja buat kepentingan dia. Sebab apa? Sebab manusia itu bisa berorganisasi dalam masyarakat, sedangkan binatang tidak.
  5. Homo Ludens (Huizinga) yaitu manusia suka main.
  6. Homo Religious, yaitu manusia pada dasarnya beragama.
  7. Homo Divinans, yaitu manusia Khalifah Tuhan.
  8. Homo Ekonomicus, yaitu manusia takluk pada undang - undang ekonomi, dan dia bersikap ekonomis.
  9. Homo Delagaus (A.J Bernet Kempers) yaitu makhluk yang bisa menyerahkan kerja dan kekuasaannya pada orang lain, dia bisa berwakil atau berwali.
Demikian pendapat Adinegoro dan para ahli tentang pengertian manusia yang umumnya menganggap manusia sebagai binatang saja. Tetapi mempunyai beberapa kelebihan dari binatang - binatang yang lain. Jadi cukup merendahkan martabat manusia. Padahal menurut Allah penciptanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu