Cara Merawat Telinga

Sekilas Info Sehat - Cara Merawat Telinga. Menjaga kesehatan telinga adalah sesuatu yang penting agar pendengaran kita sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk itulah kita perlu mengetahui berbagai cara merawat telinga kita dengan benar dan tepat.

Cara Merawat Kesehatan Telinga


Dengan mengetahui cara untuk merawat telinga dengan benar dan tepat, pastinya Anda akan bisa mendengar secara optimal dan terhindar dari penyakit. Pasalnya, ungsi adanya telinga bukan hanya untuk mendengar saja tetapi juga digunakan untuk keseimbangan tubuh kita.

Setiap harinya, telinga memiliki fungsi untuk membersihkan sendiri, yaitu dengan cara memproduksi serumen atau cairan yang berwarna kuning di dalamnya. Cairan normal inilah yang biasa akan keluar dan diproduksi saat kita tidur. Dengan keluaran cairan ini akan sangat bermanfaat dan berfungsi untuk menangkap kotoran pada telinga kita.

Selain menangkap kotoran, cairan serumen juga menangkap debu, binatang kecil atau kuman yang masuk pada telinga kita. Cairan serumen memiliki anti bakteri yang berfungsi untuk membunuh kuman serta menjaga kelembaban pada telinga.

Berikut ini adalah Cara Merawat Telinga :

  • Jangan menggunakan cotton bud. Membersihkan atau mengorek kotoran dengan menggunakan cotton bud ini tidak benar. Karena jika Anda menggunakannya, Anda malah akan mendorong kotoran ke dalam dan bukannya keluar. Bahkan jika tidak berhati-hati, korek kuping tersebut juga bisa melukai organ dalam telinga.
  • Mengunyah makanan dengan baik. Kotoran di telinga juga bisa dikeluarkan secara otomatis dengan mengunyah makanan. Melakukan gerakan mengunyah makanan dengan cara yang tepat akan mendorong telinga untuk mengeluarkan kotoran. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencoba dengan cara mengunyah permen.
  • Terapi lilin. Melakukan terapi lilin ini juga akan sangat membantu Anda dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga. Cara melakukannya, Anda cukup membeli lilin untuk terapi telinga, kemudian bakar dan gunakan sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Jangan menggaruk telinga. Saat telinga terasa gatal, hindarilah untuk menggaruknya karena ini malah akan menjadi infeksi. Sangat disarankan untuk segera ke dokter dan periksakanlah keadaan telinga Anda.
  • Tutup telinga di perjalanan udara. Saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat, kadang telinga kita akan terasa sakit ketika mendengar deru mesin dan lainnya. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, Anda sebaiknya menutup atau meniup telinga dengan cara yang lembut.
  • Bersihkan daun telinga dengan baby oil. Jangan lupa pula untuk membersihkan area luar telinga atau daun telinga dari kotoran yang menumpuk. Untuk urusan ini, Anda dapat menggunakan baby oil dan juga cotton bud. Bersihkanlah sela-sela daun telinga dengan seksama agar tidak ada kotoran yang mengendap dan tersembunyi.
  • Perawatan Rutin. Melakukan perawatan secara rutin dengan berkonsultasi ke dokter sangatlah dianjurkan. Melakukan konsultasi ke dokter THT akan sangat membantu menjaga kesehatan terutama telinga Anda. Selain itu, kita juga bisa mencegah timbulnya penyakit telinga yang tidak kita sadari.
  • Bersihkan lingkungan sekitar. Memperhatikan kebersihan lingkungan terutama di saat malam hari ini akan sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan telinga Anda. Kebersihan tersebut terutama di area kamar tidur Anda seperti bantal, kasur, pakaian, dan lainnya.
  • Jangan memutar musik dengan kencang jika sedang menggunakan headphone. Pastikan juga Anda telah membersihkan headphone tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu