Program Keluarga Berencana

Repot News—Manfaat Program Keluarga Berencana. Banyak pasangan yang sudah menikah dan memiliki anak mencanangkan Program Keluarga Berencana. Pengertian Keluarga Berencana itu sendiri adalah upaya untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan cara membatasi kelahiran.

Repot News
Program Keluarga Berencana Menciptakan Keluarga Yang Sejahtera 


Mungkin saat Anda menikah, Anda ingin melakukan Program Keluarga Berencana dan mencari tahu apa manfaat dari program Keluarga Berencana. Program Keluarga Berencana merupakan perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti penggunaan alat kontrasepsi, seperti spiral, kondom, IUD, pil KB dan lain-lain.

Keluarga Berencana memberikan perempuan pilihan untuk menunggu waktu sampai mereka merasa mampu secara finansial untuk merawat anak. Jumlah anak dalam sebuah keluarga yang dianggap ideal adalah dua. Oleh karena itulah banyak pasangan yang memutuskan untuk menjalankan program Keluarga Berencana setelah menikah. Metode Keluarga Berencana ini memang tidak hanya dapat membatasi kelahiran tapi juga memberikan manfaat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Program Keluarga Berencana :

  • Kehidupan Sosial Ekonomi Tidak Terganggu. Menjalankan program Keluarga Berencana tidak hanya dapat melindungi perempuan dari komplikasi kesehatan, tapi juga memberikan dampak positif pada kehidupan sosial ekonomi. Keluarga Berencana memungkinkan pasangan untuk merencanakan keuangan mereka. Memungkinkan ibu dan ayah hanya memiliki jumlah anak sesuai dengan  pendapatan mereka sehingga kebutuhan pun dapat terpenuhi.
  • Manfaat Kesehatan. Menggunakan alat kontrasepsi oral selama lima tahun atau lebih akan mengurangi risiko kanker ovarium pada wanita di masa mendatang. Penggunaan Pil KB juga dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kista ovarium.

Hal terpenting dalam mengikuti program keluarga berencana adalah membantu menyelamatkan nyawa perempuan dan anak-anak. Keluarga Berencana tidak hanya menguntungkan individu saja. Kemampuan seorang wanita untuk memilih jumlah anak tentunya akan mengurangi dampak ekonomi dari kelebihan penduduk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu