Tax Amnesty Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah

Repot News—Pengaruh Tax Amnesty Pada Peningkatan Nilai Rupiah. Kebijakan Tax Amnesty Pajak Sungguh Menggila. Tanpa banyak bicara, Tax Amnesty menunjukkan taringnya. Dana repratiasi atau uang yang mengalir kembali ke Indonesia akibat kebijakan tax amnesty melonjak 10 kali lipat.

Repot News
Penerapan Tax Amnesty Pajak Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah 

Akhir agustus lalu, menurut catatan Katadata, dana yang pulang hanya sekitar 9,4 triliun rupiah. Dan mendekati akhir September, Dana Tax Amnesty tersebut melonjak pendapatannya menjadi 101 trilliun rupiah.

Pendapatan dana tax amnesty pajak tersebut berasal dari luar negeri, aliran dana tersebut terbanyak dari Singapura dan membuat nilai tukar rupiah terhadap dollar langsung menguat menembus level 12 ribu rupiah.

Rupiah selasa ini diperdagangkan sebesar 12.903 per dollar AS, dan jika tren ini bertahan maka inilah nilai tertinggi yang dicapai Indonesia sejak Mei 2015.

Dirjen pajak juga mengumumkan bahwa nilai harta yang dilaporkan ( deklarasi ) melonjak 12 kali lipat dari akhir Agustus lalu, sekarang sudah mencapai lebih dari 1.900 triliun rupiah.

Terbanyak memang dari harta yang dilaporkan WNI dari Singapura, menunjukkan gertakan Sri Mulyani berhasil supaya Singapura tidak meng-kriminalisasi WNI yang melaporkan hartanya.

Masih ada ribuan triliuan rupiah lagi dana WNI yang terparkir di luar negeri. Di Singapura saja dilaporkan mencapai 2.000 triliun rupiah dan tersebar di seluruh bank investasi seluruh dunia senilai dengan nilai total 11 ribu triliun rupiah.


Dahsyat memang, ternyata Jokowi benar bahwa "uang kita ada..". Hanya tersembunyi di sudut-sudut sempit negara kecil seperti di British Virgin Island, di Koch Island dan negara tetangga yaitu Singapura.

Inilah yang ditakutkan banyak negara bahwa ketika dana itu kembali, Indonesia akan mulai dengan pembangunan di segala bidang dan Indonesia menjadi leader ASEAN di tahun 2020, seperti laporan dari Asean Development Bank.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu