Taman Alam Hutan Mangrove

Destinasi WisataTaman Alam Hutan Mangrove. Taman Wisata Alam memang menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta. Siapa yang mengira bahwa di  Jakarta juga terdapat kawasan wisata alam hutan Mangrove yang selain memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari abrasi dan dampak lingkungan, juga bisa menjadi tempat wisata alam yang menyuguhkan kesejukan alam hutan mangrove yang akan menjadi penyegar di tengah kemacetan aktivitas Ibukota Jakarta.

Hutan Magrove2

Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan salah satu kawasan konservasi alam yang berekosistem mangrove. Dengan luas areal sekitar 99,82 hektar dengan vegetasi utama berupa pepohonan mangrove atau yang biasa dikenal dengan hutan bakau. Di kawasan Hutan Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) para wisatawan atau pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan hijau dari hutan mangrove yang lebat. Keberadaan hutan mangrove ini selain berfungsi sebagai pencegahan erosi pantai di sekitar Jakarta dan tempat konservasi mangrove, juga berfungsi sebhagai wisata alam dan edukasi bagi para wisatawan untuk lebih mengenal tumbuhan mangrove dan penyelamatan lingkungan. Di wisata ini para wisatawan juga bisa berpartisipasi dalam menjaga alam dengan mengikuti kegiatan penyemaian atau pun berbagai kegiatan konservasi lainnya di lokasi Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk ini.

Begitu masuk lokasi Taman Wisata Alam Angke Kapuk pengunjung akan bisa melihat pemandangan hijau hutan mangrove yang rimbun. Sebuah jalan yang dibuat dari kayu dan bambu akan mengantar para wisatawan untuk berkeliling menikmati suasana sejuk hutan mangrove. Selain itu pengunjung juga bisa berkeliling di kawasan hutan mangrove ini dengan menggunakan boat yang bisa ditumpangi 6 hingga 8 orang, tentunya juga ada tarif khusus untuk biaya sewa boat nya. Dan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam dan menginap di lokasi wisata ini sudah disediakan fasilitas yang memadai dengan pilihan camp ground ataupun villa.

Cukup menarik pastinya belibur ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini selain bisa menikmati udara segar ditengah kepadatan kota jakarata, kita juga bisa mengenal lebih dekat dengan alam serta belajar mengenai pelestarian alam di Hutan mangrove ini. Sangat bagus juga sebagai wisata edukasi untuk anak-anak anda sehingga bisa belajar lebih dini tentang pentingnya hutan mangrove terhadap lingkungan.

Dengan pemandangan yang indah memang menjadi hal wajib untuk berfoto-foto ria, namun di Lokasi wisata ini dilarang untuk membawa kamera, jadi yang ingin berfoto-foto ria hanya diperkenankan untuk menggunakan kamera HP saja. Dan tidak tanggung-tanggung bahwa denda atau sangksi jika ketahuan membawa kamera (kamera saku, DSLR, dan sejenisnya) akan dikenakan denda 1 juta rupiah.


Daftar Tarif :


  • Harga Tiket Masuk Wisatawan Lokal : Rp 25.000,-
  • Harga Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara : Rp 250.000,-
  • Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 (motor) : Rp 5.000,-
  • Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 (mobil) : Rp 10.000,-
  • Biaya Parkir Kendaraan Roda 6 (Bus) : Rp 50.000,-
  • Biaya Tarif Naik Perahu : Rp 250.000,- / perahu (6 orang).
  • Biaya Tarif Naik Perahu : Rp 350.000,- / perahu (8 orang).
  • Biaya Tarif Naik Perahu Dayung/kano : Rp 100.000,- / 45 menit.
  • Biaya sewa rumah tenda (Camping Rumah tenda (camping ground) di atas tanah: Rp 300.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang.
  • Biaya sewa Rumah tenda di atas air tanpa AC: Rp 450.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang.
  • Biaya sewa Rumah tenda di atas air dengan AC: Rp 600.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang.
  • Biaya sewa penginapan Villa bervariasi, mulai dari Rp 1.300.000 hingga Rp 6.000.000 per malam.



Akses Menuju Taman Wisata Alam Angke pengguna kendaraan pribadi :



→Dari arah Tol Bandara Soekarno-Hatta, keluar Tol arah Kapuk Muara-Pantai Indah Kapuk arah Waterboom-Golf & Garden House-Sekolah Tzu Chi
→Dari tol Pluit keluar Muara Karang masuk Pantai Indah Kapuk-Rumah Sakit PIK-Waterboom-Golf & Garden House-Sekolah Tzu Chi.
→Dari tol JORR Lingkar Barat keluar Pantai Indah Kapuk belok kiri lewat Golf & Garden House-Sekolah tzu Chi.

Akses Menuju Taman Wisata Alam Angke pengguna kendaraan umum :

→Naik bus transjakarta sampai halte Monas atau Kota terus ganti naik BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) yang arah PIK, turun di Yayasan Budha Tzu Chi dan ikuti papan petunjuk menuju Taman Wisata Alam.
→Naik bus transjakarta yang arah Pluit (koridor 12) turun di halte penjaringan (1 halte sebelum halte Pluit), sambung naik angkot B01 jurusan Muara Karang, turun di Pizza Hut Muara Karang, sambung lagi naik angkot U11 jurusan PIK, turun di Yayasan Budha Tzu Chi dan ikuti papan petunjuk menuju Taman Wisata Alam.

Alamat Taman Wisata Alam Angke Kapuk :

Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta, Indonesia.

Telpon: 02129033066, 02129033055, 0811804579
Fax: 02129033077 / Buka (Operational hour) : 07:00 – 19:00

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu