Unsur Terpenting Agama

Buku - Unsur Terpenting Agama. Di dalam Agama ada Unsur - unsur yang sangat penting, diantaranya adalah sebagai berikut penjelasannya :

Unsur Terpenting Agama
Unsur Terpenting Dalam Agama 

1. Kekuatan gaib, Manusia merasa dirinya lemah dan berhajat pada kekuatan gaib sebagai tempat meminta tolong. Oleh karena itu manusia harus mengadakan hubungan baik dengan kekuatan gaib tersebut. Hubungan baik itu dapat di wujudkan dengan mematuhi perintah dan larangan kekuatan gaib.

2. Keyakinan manusia bahwa kesejahteraannya di dunia ini dan hidupnya di akhirat tergantung pada adanya hubungan baik dengan kekuatan gaib yang dimaksud. Dengan hilangnya hubungan baik itu, kesejahteraan dan kebahagiaan yang dicari akan hilang pula.

3. Respon yang bersifat emosional dari manusia. Respon itu bisa mengambil bentuk perasaan takut, seperti yang terdapat dalam agama - agama primitif atau perasaan cinta seperti yang terdapat dalam agama - agama monoteisme. Selanjutnya respon mengambil bentuk penyembahan yang terdapat dalam agama - agama primitif atau pemujaan yang terdapat dalam agama - agama monoteisme. Lebih lanjut lagi respon itu mengambil bentuk cara hidup tertentu bagi masyarakat yang berkelanjutan.

4. Paham akan adanya yang kudus (sacred) dan suci dalam bentuk kekuatan gaib. Dalam kitab yang mengandung ajaran - ajaran agama yang bersangkutan, dan dalam bentuk tempat - tempat tertentu.

Ada Dua Macam Agama bila ditinjau dari segi sumbernya agama (tata keimanan), tata peribatan, dan tata aturan itu dapat dibeda - bedakan atas dua bagian :

1. Agama samawi, (agama langit, agama wahyu, agama profetis, revealed religion, din as samawi), yaitu agama yang di wahyukan Allah kepada manusia melalui para Nabi/ Rasul- Nya.

2. Agama budaya, (agama filsafat, agama bumi, agama ra ' yu, natural religion, non revealed relegion, din at thabi ' i) yaitu agama ciptaan manusia.
Yang termaksud agama samawi adalah : Agama yahudi asli, Agama nasrani asli, dan Agama islam, sedangkan agama yang lainnya termasuk agama budaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu