Manusia Makhluk Bertanggung Jawab

Buku - Manusia Makhluk Bertanggung Jawab. Prof. Abbas Mahmud El Aqqad dalam bukunya "Haqaiqul Islam Wa Abathilu Khusumihi" telah merumuskan pandangan Al Quran tentang manusia dengan amat baik sekali.

Manusia Mahkluk Bertanggung Jawab
Manusia Sebagai Mahkluk Bertanggung Jawab 

Al Quran dan Sunnah Rasulullah, kata beliau mendefinisikan manusia sebagai berikut : "Manusia adalah makhluk yang bertanggung jawab, yang di ciptakan dengan sifat - sifat ketuhanan".

Definisi Manusia Mahkluk Bertanggung Jawab ini mengandung tiga unsur pokok, yaitu :
  1. Manusia sebagai ciptaan Allah.
  2. Manusia bertanggung jawab atas segala tingkah lakunya, yang menurut Al Quran akan di pertanggung jawabkan nanti di hadapan Allah di akhirat.
  3. Manusia di ciptakan dengan sifat - sifat ketuhanan.
Jika kita teliti memang pada manusia di temukan sifat- sifat Allah, antara lain bersifat kuasa, pengasih, penyanyang, pemaaf, melihat, mendengar, berkata - kata, hidup, berilmu, berkehendak, dan sebagainya. Semua sifat - sifat itu ada pada manusia sehingga ada aliran dalam ilmu ketuhanan yang menyamakan tuhan itu dengan manusia.

Dan di dalam Al Quran sifat- sifat ketuhanan yang ada pada manusia itu, dengan manusia sebagai makhluk Tuhan, dan disini letak rahasianya ayat yang menyatakan bahwa roh manusia itu adalah berasal dari roh Tuhan, di firmankan Allah dalam surat As Sajadah ayat 9 yang artinya sebagai berikut : "Kemudian Ia sempurnakan (kejadian)nya dan Ia tiupkan padanya sebagian dari ruh- Nya". (S As- Sajadah 9)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Jenis Kuliner Di Cimahi

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Perbedaan Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu